Tanos Sleep Challenge, Tantangan Untuk Memperbaiki Kualitas Tidur. Seberapa sering sih kita mengalami kesulitan tidur? mengalami insomnia? atau kesulitan mengatur jam tidur karena terlalu banyak pekerjaan?

Apapun alasan dibalik permasalahan tidur kita, tidur tidak dapat diabaikan atau dikesampingkan hanya karena menumpuknya pekerjaan. Pengaturan jam tidur dalam rangka meningkatkan kualitas tidur sudah seharusnya kita lakukan. Mengapa? karena akan ada banyak dampak negatif yang kita alami baik secara jangka pendek maupun panjang.






Tidur merupakan kebutuhan paling mendasar dimana tubuh dan pikiran yang sehat terbentuk. Jika kualitas tidur kita terganggu maka hal ini akan berdampak terhadap kesehatan kita.

Saat kita tidur, tubuh tidak hanya istirahat, tetapi juga mengalami perbaikan dan detoksifikasi. Saat tidur, hormon diproduksi terutama hormon imunitas atau kekebalan tubuh. Sehingga tidak menjadi aneh ketika kita terlalu banyak begadang, kita sering terkena flu atau masuk angin. Jika terlalu sering begadang karena sibuk bekerja atau mengalami insomnia, maka kita akan mengalami banyak gangguan kesehatan seperti berikut ini :
  1. Kelelahan
  2. Flu
  3. Masuk Angin
  4. Depresi dan mood swing
  5. Menguap parah
  6. Getaran (meriang atau mengigil
  7. Sakit atau nyeri otot
  8. Risiko Diabetes
  9. Pertumbuhan melambat
  10. obesitas
  11. Risiko penyakit jantung
  12. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Melihat resiko yang cukup berat jika kita tidak menjaga kualitas tidur kita tentu kita harus mulai mengatur kualitas tidur terutama mengatur jam tidur. Idealnya, manusia membutuhkan 8 jam tidur sehari. Mengapa? karena pada saat tidur maka tubuh akan mengalami hal-hal seperti dibawah ini :
  1. aktivitas otak turun sekitar 40 persen dengan demikian maka otak dapat beristirahat
  2. Saat tidur adalah waktu yang tepat bagi hormon untuk bekerja. Saat kita tidur, hormon akan mengkonversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan dalam tubuh kita. Saat kita tidur, hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, hormon kesuburan dan FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone) akan terbentuk
  3. Selain terbentuknya hormon, saat kita tidur juga terjadi peningkatan produksi sistem protein dan kekebalan tubuh.
  4. Kesehatan kulit juga akan terbentuk saat tidur, dimana selama tidur metabolisme kulit akan terbentuk dan sel-sel tubuh juga meningkat sehingga mengurangi kerusakan protein.
  5. Saat kita tidur, otot akan mengalami perbaikan jaringan dan dipulihkan.
  6. Secara sederhana, selama kita tidur kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk istirahat dari segala aktivitas, mengistirahatkan otot dan memberikan kesempatan bagi hormon untuk melakukan regenerasi dan pemulihan. Sehingga imunitas tubuh terjaga, energi terbentuk dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tanos Sleep Challenge







Mengingat betapa pentingnya tidur bagi kesehatan, maka kita perlu menjaga kualitas tidur. Tetapi dikarenakan kesibukan pekerjaan terkadang kita agak mengabaikan hal ini. Untuk mengembalikan kembali kualitas tidur, maka Tanos mengadakan tantangan terkait tidur. YaituTanos Sleep Challenge.

Bagi yang tidak dapat mengatur jam tidur, maka membuat schedule ulang kegiatan sehari-hari wajib dilakukan. Agar antara pekerjaan dan “jatah” tidur seimbang. Tetapi bagi yang mengalami gangguan tidur seperti gangguan insomnia, maka Sleep Toolbox dibawah ini dapat membantu :

  1. Set the mood. Meredupkan lampu. Mensetting suhu kamar jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin.
  2. Baca buku atau mendengarkan audiobook. Buku yang dibaca bukan buku bacaan berat, tapi yang sifatnya pleasure reads. Jika memungkinkan, tidak melakukan aktivitas ini di tempat tidur.
  3. Practice gratitude. Merenung untuk apa yang terjadi hari ini. Bisa dilakukan sembari berdoa dan/atau shalat bagi muslim.
  4. Cek Kalender dan siapkan mental untuk kegiatan esok hari. Akhiri kegiatan ini dengan mengijinkan diri kita untuk beristirahat.
  5. Lakukan stretching, meditasi dan teknik pernafasan. Bisa dicoba beberapa pose yoga, bernafas inhale exhale atau meditasi.
  6. Coba Aromaterapi. Gunakan essential oils yang bisa menenangkan seperti Lavender atau Chamomile untuk membantu agar cepat tidur.
  7. Mandi air hangat. Air hangat dapat mempunyai efek relaksasi.
  8. Meredupkan lampu. Cahaya memberikan sinyal kepada tubuh kita untuk bangun dan beraktivitas. Meredupkan lampu kamar tidur dan matikan atau redupkan lampu di ruangan dekat kamar tidur.
  9. Keluarkan unek-unek. Jika kita khawatir atau punya ide yang membuat kita bersemangat, tuliskan saja dulu. Biarkan malam ini kita beristirahat, baru esok harinya kita eksekusi pikiran itu.
  10. Hindari gadget. Pengaruh cahaya biru dapat merangsang kita tubuh dan otak untuk aktif.
  11. Fokus pada tubuh kita. Coba scan tubuh kita dan rasakan apakah ada rasa sakit? Misalnya saja leher sakit. Apakah mungkin pengaruh bantal?

Untuk Tanos Sleep Challenge akan berlangsung mulai dari tanggal 15 - 21 Februari 2021. Setiap hari akan ada tantangan mempersiapkan ritual sebelum tidur juga ritual setelah tidur. Tujuannya agar kita bisa lebih disiplin dalam mengatur jam dan bangun tidur.

Setiap hari akan ada Task yang harus dilakukan dan task ini berbeda setiap harinya dan berkelanjutan. Tantangan dari hari pertama akan terus dilanjutkan hingga akhir yaitu hari ketujuh, begitu seterusnya untuk tantangan di hari ke dua, tiga dan seterusnya.
















Melalui Tanos Sleep Challenge, diharapkan kualitas tidur kita mengalami perubahan yang signifikan. Tantangan ini masih bisa dilakukan bahkan jika periode tantangannya berakhir. Teman-teman dapat menggunakan checklist tantangan untuk digunakan diluar periode tantangan. Silahkan Download gambarnya ya,

Salam sehat,
Tanos